Dongeng Cinderella Ternyata Berawal dari Daratan Tiongkok



Through the cloud you'll see the blue...

Lantunan suara Sonna Rele menyanyikan "Strong" mengakhiri film Cinderella. Lirik lagu ini mengatakan, hanya dalam dongeng seseorang yang berhati baik dan berani akan mendapati seorang pahlawan melimpahinya dengan cinta nan indah. Namun, kenyataan hidup seperti permainan berbeda. Hanya diri sendiri yang bisa mengubah jalannya nasib.

Mengangkat kembali dongeng Cinderella ke layar lebar untuk audiens hari ini adalah pilihan berisiko bagi Walt Disney Pictures. Kini, penonton tidak ingin lagi melihat perempuan sekadar memimpikan sang pangeran datang menyelamatkan hidupnya.

Namun, sutradara Cinderella, Kenneth Branagh, dan penulis skenarionya, Chris Weitz, justru terkesan menjaga jalan cerita dalam film ini sesuai "pakem" dongeng.

Branagh yang lima kali menjadi nomine penghargaan Oscar—sebagai aktor, penulis skenario, dan sutradara—menggarap film ini sesuai reputasinya: dengan pendekatan teatrikal. Pendekatan ini bisa dirasakan dari penggarapan visual hingga pilihan dialog.

"Bersikaplah berani dan baik hati." Kalimat ini kerap diulang dalam dialog bak menjadi mantra. Di tangan Branagh dan Weitz, Cinderella yang diperankan Lily James dalam film ini sebenarnya menjadi sosok yang lebih matang.

Klasik Tiongkok

Situs American Library Association (ALA) punya catatan menarik soal dongeng Cinderella. Dongeng ini rupanya berawal dari daratan Tiongkok. Berakar dari kisah tua di zaman Dinasti Tang pada abad ke-9 atau kisaran tahun 860 Masehi.

Karakter Cinderella dalam dongeng klasik Tiongkok itu adalah Yè Xiàn atau Yeh-Shen. Catatan ini juga mengaitkan latar belakang gagasan soal ukuran kaki Cinderella yang kecil dengan budaya Tiongkok kuno, yaitu membebat kaki perempuan agar berukuran sangat kecil sehingga memenuhi standar estetika kecantikan.

Kisah Cinderella didokumentasikan secara tertulis berdasarkan tulisan Charles Perrault asal Perancis, yaitu Cendrillon (1690). Di daratan Eropa saja setidaknya ada 500 versi kisah Cinderella yang ditemukan. Kisah ini terus berevolusi menjadi beragam versi di berbagai belahan dunia. Cinderella juga menginspirasi banyak film modern dan berbagai kajian akademis.

Share on Google Plus

About Moviners

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

MOVIN SHORT MOVIES

MOVIN UPCOMING